5 Soft Skill Yang Wajib Kamu Kuasai

   Soft skill sendiri adalah keterampilan non-teknis yang diperlukan untuk bekerja dan hidup dengan baik dalam masyarakat. lantas apa saja softskill yang di butuhkan?



Hard skill dan soft skill sendiri adalah dua konsep yang berbeda dalam konteks keterampilan. Sebelum lanjut membahas soft skill yang wajib di kuasai kamu perlu tau dulu nih perbedaan apa itu hard skill dan soft skil.

 Hard skill adalah keterampilan teknis atau keterampilan  yang diperlukan untuk melakukan tugas tertentu, seperti keterampilan komputer, keterampilan matematika, atau keterampilan mengemudi. Di sisi lain, soft skill adalah keterampilan non-teknis atau secara objektif sulit diukur  yang diperlukan untuk bekerja dengan baik dalam berbagai lingkungan dan situasi.

Berikut ini adalah beberapa contoh soft skill yang penting untuk kamu kuasai menurut Tecista.

1. Public Speaking

    Public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum merupakan keterampilan yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Pasalnya, tidak semua orang mampu untuk berbicara di depan umum dan cenderung takut untuk memulainya. dengan mempunyai skill public speaking dapat membantu seseorang untuk menjadi seorang komunikator yang efektif, membangun hubungan, meningkatkan karir, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengatasi ketakutan dan kecemasan.


2. Problem Solving

    Problem Solving atau pemecahan masalah adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah atau tantangan dalam situasi tertentu .  Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berbagai bidang seperti bisnis, teknologi, dan sains.


3.Komunikasi Efektif

    Komunikasi efektif ini sangat penting karena kemampuan ini untuk  menyampaikan informasi secara jelas , akurat, dan efisien kepada orang lain, serta kemampuan untuk menghargai dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang lain dapat dengan jelas, akurat , dan efisien.


4.Membuat Keputusan

    Membuat keputusan adalah proses penting yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan di tempat kerja. Langkah-langkah seperti mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengevaluasi opsi, membuat keputusan, mengambil tindakan, dan mengevaluasi keputusan dapat membantu dalam membuat keputusan yang baik.


5.Manajemen Waktu

    Selain beberapa kemampuan yang telah disebutkan di atas, manajemen waktu merupakan keterampilan yang tidak boleh kamu lewatkan sebab manajemen waktu dapat membantu anda untuk mengelola waktu anda dengan efektif dan efisien, Kamu harus bisa mengatur waktu kamu sebaik mungkin agar dapat menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dengan baik.
Sobat Tecista udah menguasai yang mana aja nih?

Jangan lupa tulis di kolom komen soft skill yang wajib banget di kuasai versi sobat Tecista sekalian








Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama